Contoh Surat Motivasi (Motivation Letter)

Surat motivasi (motivation letter) adalah sebuah surat atau berkas yang memaparkan tujuan, bakat, dan potensi kita ketika kita akan mengikuti proses lamaran kerja, rekrutmen organisasi, atau melanjutkan pendidikan. Surat ini biasanya diwajibkan dalam seleksi berkas pada rekrutmen-rekrutmen tersebut. Melalui surat tersebut, peluang untuk lolos dalam suatu mekanisme rekrutmen dapat ditingkatkan.

Aku harus paparin apa?

Dalam surat motivasi, ada beberapa hal yang perlu kita paparkan, yaitu sebagai berikut.

  • Siapa sih aku? Nah, di sini kita harus memaparkan siapa kita, bagaimana latar belakang kita, karakter kita, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membantu panitia seleksi agar lebih mudah mengenal kita dengan baik. Kelebihan dan kelemahan kita juga sebaiknya dituliskan di dalamnya.
  • Aku dulu sekolah di mana sih? Latar belakang pendidikan juga penting dipaparkan, baik formal maupun nonformal.
  • Aku dulu pernah ngapain aja sih? Prestasiku apa aja ya? Paparkan secara gamblang mengenai pengalaman yan pernah kita dapatkan dan prestasi yang pernah kita raih. Bisa berupa program, pelatihan, beasiswa, magang, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, serta keikutsertaan dalam sebuah lomba.
  • Aku bisa ngapain aja sih? Bakat aku apa aja? Paparkan juga kompetensi dan bakat (skill) yang kita miliki, sehingga panitia seleksi mengetahui kelebihan dan keunggulan kita.
  • Kenapa sih aku harus ikut ini? Paparkan secara jelas alasan kita mengikuti rekrutmen yang sedang kita jalani. Alasan yang kuat dan rasional perlu diberikan, serta hindari alasan lemah dan tidak rasional.

Apa saja yang harus aku hindari?

Ups, sebelum mengajukan surat motivasi, sebaiknya kita memeriksa kembali surat yang telah kita buat, barangkali ada hal-hal berikut yang makruh bahkan haram ada dalam surat kita. :D
  • Tata bahasa dan tanda baca yang salah
  • Penggunaan kalimat sehari-hari
  • Penggambaran kerendahan diri dalam memaparkan kemampuan dan potensi
  • Menyalahkan keadaan
  • Topik kontroversial dan pendapat keras dalam penulisan

Contoh surat motivasi (motivation letter)

Berikut adalah salah satu contoh surat motivasi yang ditujukan untuk rekrutmen organisasi.



Yogyakarta, 28 Januari 2018

Surat Motivasi

Sejak remaja, saya menyadari bahwa dakwah dan ukhuwah adalah faktor penting yang harus ada dalam kehidupan umat Islam. Hampir semua kaum muslimin membutuhkan dakwah dan ukhuwah untuk mendukung pelaksanaan ibadah mereka, seperti tuntunan bagaimana mereka melaksanakannya, jaminan rasa aman terhadap kegiatan ibadah mereka, serta terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama. Mereka dapat beribadah dengan baik jika ada yang menuntun bagaimana caranya mereka beribadah dan ada yang mendukung kegiatan ibadah mereka. Ibadah yang saya maksud di sini adalah ibadah dalam arti luas – tak sebatas pelaksanaan ibadah wajib saja. Kesadaran itulah yang mendorong saya untuk ikut ambil bagian dalam usaha dakwah dan merajut ukhuwah di Keluarga Muslim Mahasiswa Pertanian (KMMP) Fakultas Pertanian UGM.

Dengan ikut ambil bagian dalam KMMP, saya yakin dapat memberikan kontribusi saya dalam usaha dakwah dan merajut ukhuwah di tengah-tengah umat Islam. Saya melihat potensi dan peluang besar terhadap perkembangan dan kebangkitan umat Islam di masa depan, yang mana untuk menuju itu semua dibutuhkan kesadaran bersama dalam melaksanakan perintah agama dan menjauhi larangan agama. Maka, saya memilih secara spesifik untuk mengikuti divisi Syiar dan Kajian Strategis.

Sebagai mahasiswa di Program Studi Agronomi, Departemen Budidaya Pertanian, saya memahami bahwa mahasiswa diutamakan untuk menuntut ilmu dalam ranah akademik, termasuk di dalamnya adalah mengerjakan laporan praktikum. Selain menuntut ilmu dalam ranah akademik, mahasiswa juga sepatutnya menambah khazanah pengetahuan dan wawasannya melalui pengalaman-pengalaman yang akan ia dapatkan melalui organisasi. Sebelumnya, saya pernah bergabung dalam beberapa organisasi sewaktu masih mengenyam pendidikan menengah atas, seperti OSIS, Rohis, Paskibra, KIR, dan sebagainya, yang mana organisasi-organisasi tersebut cukup membantu dalam melakukan dakwah dan merajut ukhuwah di antara teman-teman. Hal itu dapat saya lakukan melalui kemampuan saya memahami karakter dan latar belakang teman-teman saya, sehingga saya dapat menyesuaikan diri di kondisi lingkungan yang berbeda.

Bergabung dan menjadi bagian dari organisasi dakwah fakultas tidaklah rugi. Di sanalah, keyakinan terbesar pun timbul untuk memberikan kontribusi terbaik bagi umat Islam. Saya suka menulis dan menyusun skrip sehingga atas izin Allah, saya mendapatkan Juara 3 Lomba Video Dakwah Kreatif SMA/MA/sederajat tingkat Provinsi Lampung pada 2015, semasa saya mengenyam pendidikan menengah atas. Selain itu, saya juga pernah merintis buletin dakwah bagi siswa SMA di Kota Metro, Lampung melalui Rohis. Dari situlah saya mendapatkan pengalaman berharga bagaimana menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik dan nonakademik. Saya sangat termotivasi pada kegiatan dakwah yang banyak menantang kita untuk terus kreatif dan inovatif dalam menyerukan kebenaran dan mencegah kemungkaran. Mudah-mudahan, melalui KMMP Faperta UGM, saya dapat memberikan kontribusi terbaik dalam usaha dakwah dan merajut ukhuwah di tengah-tengah umat Islam.


Demikian ulasan tentang surat motivasi (motivation letter). Semoga bermanfaat.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer